PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PBL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 2 ALLA

  • nursalma nursalma smpn 2 alla
Keywords: Problem Based Learning 1, Hasil Belajar 2, IPA 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia menggunakan model PBL dengan menggunakan perangkat yang berbasis HOTS untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Alla tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini berguna untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan memberikan motivasi peserta didik. Pada kegitan ini ditemukan kasus bahwa masih ada peserta didik yang kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya di depan teman temannya. Adapun subjek dari penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Alla tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Basic Learning dengan menggunakan soal-soal Hots mampu meningkatkan antusias siswa dalam proses pembelajaran, dimana keaktifan siswa mulai meningkat selama proses pembelajaran baik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan, mengerjakan tugas, melaksanakan diskusi kelompok dan presentasi di depan kelas serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Alla pada materi sistem ekskresi manusia. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses belajar. Pada set 1 siswa tuntas sebanyak 4 siswa atau 28,57% dengan nilai rata-rata kelas 60, set 2 siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 50% dengan nilai rata-rata kelas 70 dan pada set 3 siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 85,71% dengan nilai rata-rata kelas 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model problem based learning pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII A SMPN 2 Alla.

References

Dantes,N.2005.Profesionalismegurudalamkaitannyadenganpelaksanaankurikulumdanimplikasinyapadamodelasesmenberbasiskompetensi.MimbarIlmu:Jurnal Ilmiah. EdisiII(27-46)
Lufri. 2005. Pengaruh pembelajaran berbasis problem solving yang diintervensidengan peta konsep terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pembelajaran,Vol.28, No.01 (47-65)
Nursalma. 2021. Laporan PPL Mahasiswa PPG dalam Jabatan Angkatan I. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Suparno,P.2005.Miskonsepsi&perubahankonseppendidikanfisika.Jakarta:PT.Grasindo
Suparno,P.,Rohandi,R.,Sukadi,G.,Kartono,S.2002.Reformasipendidikan. Yogyakarta:Kanisius
Published
2022-01-14