Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Lebon

  • Fatmawati S. Pd SMP NEGERI 12 LEBONG
Keywords: hasil belajar, problem based learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi terhadap siswa dan guru IPA yaitu sebagian besar siswa SMP Negeri 12 Lebong menganggap pelajaran IPA dikategorikan pelajaran sulit, alasannya terlalu banyak konsep yang harus dikuasai dan dipahami, banyaknya istilah-istilah, banyaknya rumus, sehingga siswa merasa bosan karena setiap belajar sering merasa tidak paham. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Lebong menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kegiatan belajar dengan materi usaha dan pesawat sederhana, selama 31 hari efektif yang telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2021. Sampel penelitian adalah kelas VIII dengan jumlah peserta 22 siswa dengan alat pengumpul data berupa lembar test akhir setiap kegiatan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan belajar I, persentase ketuntusan belajar yang diperoleh adalah 62%, pada kegiatan belajar II, persentase ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 73% dan pada siklus III,  persentase ketuntusan belajar yang diperoleh adalah 86,67%. Dari hasil analisa data diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat  meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peniingkatan persentase hasil belajar dari kegiatan belajar I ke kegiatan belajar II hingga kegiatan belajar III.

References

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta; PT Raja grafindo Persada.
Sadia, I, W. 2007. Pengembangan kemampuan berpikir formal siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran “Problem Based Learning” dan “Cycle Learning” dalam pembelajaran fisika. Vol. 1, No. 1.
Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sakdiah dkk. (2020). Efek pemberian Reward dapat meningkatkan aktivitas dan Hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, vol (I).
Published
2022-01-13