PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMP

  • Lusia Ni Wayan Lusianti UPT SMP Negeri 2 Bone-Bone
Keywords: Pembelajaran IPA, pembelajaran berbasis based learning, hasil belajar

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran IPA masih sering menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan peserta didik cenderung pasif di kelas. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas VIIIa melalui penerapan model Problem based learning pada pokok bahasan sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan 3 Siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jenis penelitan adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIa pada UPT SMP NEGERI 2 BONE-BONE yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, lembar observasi dan tes pengetahuan,. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase ketercapaian aktivitas belajar peserta didik sebesar 66,19%  yang kemudian meningkat menjadi 86,32% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 92,17%. Peningkatan hasil belajar dilihat dari aspek kognitif pada siklus I mencapai 66,67%  dan meningkat pada siklus II menjadi 87,50% dan  pada siklus III menjadi 100%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah kelas VIIIa SMP Negeri 2 BONE-BONE.

References

Arifin, Zainal. 2011. Konsepdan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT
Remaja Rosdakarya. ISBN 978 – 979 – 692 – 047 – 1
Winda , N, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indo- nesia Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2016:1(1): 87-94.

Lestari, D.A., Pendekatan Saintifik Da- lam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya Siswa, Widyagogik, 2015:3 (1):66-79.
Medianty, S.U., Amrul Bahar, Elvinawati., Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu, Alotrop , 2018:2(1):58-65.
Ibrahim. 2005. Seri Pembelajaran Inovatif. Asesmen Berkelanjutan. Konsep dasar, tahapan pengembangan dan contoh. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Hamalik, O. (2002). Perencanan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Published
2022-01-14