IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK

  • Elvira Sagisna MTsN 1 Kota Sawahlunto
Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik terhadap materi pembelajaran sistem pencernaan manusia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem based learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sistem pencernaan manusia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas VIII.1 shift 2 MTsN 1 Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 Shift 2 MTsN 1 Kota Sawahlunto Tahun Pelajaran 2021/2022, sedangkan peneliti berperan sebagai guru. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based Learning, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Data hasil belajar peserta didik kelas VIII. 1 Shift 2 sebelum dilaksanakan penelitian dari 13 orang hanya 4 orang (30,7 %) yang memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal, setelah dilakukan penelitian pada siklus I dari 13 orangĀ  yang memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 9 orang (69,23%), pada siklus II naik menjadi 11 orang (84,61%) dan pada siklus ke III menjadi 13 orang (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII.1 Shift 2 MTsN 1 Kota Sawahlunto.

References

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta; PT Raja grafindo Persada.

Insani, Aunillah (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). JURNAL IPA TERPADU diakses tanggal 29 Desember 2021 pukul 09.00 WIB pada website http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu

Husnidar, I. M., & R, S. (2014). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika. Vol 1, No 1.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Wina, Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2022-01-13