Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Augmented Reality : Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN Romang Polong
Abstract
Penelitian dilakukan peneliti berdasarkan permasalahan yang ada di SDN Romang Polong. Rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik membuat peneliti berinisiatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantuan media Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari proses perancangan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. PTK yang dilakukan di kelas sebanyak 2 siklus. Siklus I dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2023 dan siklus II dilaksanakan tanggal 21 Agustus 2023. Penelitian dilakukan di kelas IV B SDN Romang Polong, dengan jumlah subjek 28 siswa. Hasil dari penelitin menunjukkan bahwa penggunaan metode belajar PJBL berbantuan Media AR ini dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IVB SDN Romang Polong. Hasil tes pada siklus I dan II menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata rata dan presentase ketuntasan klasikal. Pada saat pra siklus, nilai rata rata siswa 60 dengan ketuntasan klasikal 35% (10 siswa). Kemudian Siklus I, nilai rata-rata siswa ialah 75 dengan ketuntasan klasikal 53% (15 Siswa) mendapat nilai 75. Lalu pada siklus II, nilai rata-ratanya ialah 85 dengan ketuntasan klasikal 82% (23 siswa). Dengan demikian, berdasarkan indikator keberhasilan PTK dengan model PJBL di kelas IVB SDN Romang Polong dinyatakan berhasil.
References
Arikunto. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Aksara.
Ariyanto. 2011. Pembelajaran Aritmatika Sekolah Dasar. Surakarta: Penerbit Qinant.
Atmojo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan 43(2), 134-143.
Baharudin & Nur Wahyuni, Esa. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 3648. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Nasution, M. I. S., Lubis, H. S. D., & Tanjung, Y. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Tokoh Pembaharuan Pendidikan di Kalangan Perempuan Minangkabau, 1923-1969. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 277-284
Risdianto, E., Yanto, M., Kristiawan, M., & Gunawan, G. (2021). Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1487–1500. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.907
Sitopu, H. S. (2022). Aplikasi Pembelajaran Digital. Yasasan Kita Menulis
Suari, N. P. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241-247.
Sulistyani, N. (2018). Implementation of Project-based learning model (PjBL) based on reflective pedagogy approach on advanced statistics learning. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 2(1), 11-19.
Susanto & Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta Prenamedia Group Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Windari, P., & Guntur, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ipa. Jkpd (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 64-71.
Wisudawati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara
Yaumi, M. (2017). Reformasi Sistem Pendidikan di Indonesia: Suatu Refleksi Kritis Menuju Perbaikan Kualitas.