PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS PADA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES ANDI TONRO

  • Uswatun Hasanah PPG Prajabatan Universitas Negeri Makassar
  • Faidah Yusuf Universitas Negeri Makassar
  • Nur Aisyah UPT SPF SDI Andi Tonro

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPT SPF SD Inpres Andi Tonro, dengan menggunakan metode Time Token Arends. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti tahapan siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas V UPT SPF SD Inpres Andi Tonro. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara melalui penggunaan metode Time Token Arends. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar penilaian siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra-tindakan, di mana hanya 5 siswa atau 22% yang mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67. Setelah dilakukan tindakan, jumlah siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 20 siswa atau 90% dengan nilai rata-rata sebesar 82.

References

Nuruzzaman, F. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS. BASIC EDUCATION, 8(2), 167-175.
Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Time Token Arends Dengan Media Audio Visual. Joyful Learning Journal, 3(1).
Prayogo, I. (2012). Peningkatan Ketrampilan Berbicara Melalui Metode Time Token Arends Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri 02 Dukuh Mulyo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2011/2012a (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Setiawan, R. H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 78-85.
Son, R. S. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 284-291.
Suryani, S., & Saring Marsudi, S. H. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Melalui Metode Time Token Arends Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Plosokerep 2 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Published
2023-12-07
Section
Articles