PENERAPAN METODE POMODORO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V

  • Anggi Sulistianingsih Universitas Negeri Makassar
  • Musfirah Musfirah Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 45 Paccelang Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori cukup, aktivitas siswa berada pada kategori kurang dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori baik, observasi aktivitas siswa berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa juga berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pomodoro dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 45 Paccelang Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep.

References

Ariviani, H., Claretta, D., & Achmad, zinal abidin. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Dengan Teknik Pomodoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(November), 103–111.
Bastomi, Mohamad, et al. (2022). Penerapan Metode Pomodoro Dan Cornell Notes Guna Meningkatkan. 2, 62–66.
Bawa, D. G. A. R. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Penerbit Adab.
Nasution, M. Z. Z. B., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2022). Penerapan Teknik Pomodoro Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Sistem Informasi-3. Jurnal Inovasi Penelitian, Volume 3(Penerapan Teknik Pomodoro di masa Covid-19), 1–6. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1791/1586
Qomariah, A., Abdillah, A., & Hikmah, N. (2023). Kegiatan Ice Breaking Sebagai Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Annisa Qomariah, Dkk. JPKPM, 3(1), 107–111.
Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Tarwiyah, Simarmata, R. J. P., & Bombongan, C. (2021). Metode Pomodoro untuk Mengatasi Attention Residue pada Masa Pembejaran Daring. Jurnal Ilmiah Core IT, 9(4), 1–4.
Tarwiyah, T. (2021). Pelatihan Pembelajaran dengan Metode Pomodoro bagi Siswa SMK Immanuel. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Published
2023-12-07
Section
Articles