PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

  • Hardiyanti Ridwan Universitas Negeri Makassar
  • Latang Latang Universitas Negeri Makassar
  • Sri Wahyuni SD NEGERI PAJJAIANG

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam menunjukan minat belajar, Permasalahan tersebut didasari oleh data awal yang didapatkan dari hasil observasi. Penelitian ini meneliti tentang penerapan model kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe TGT dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD P di kecamatan Pajjaiang Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terbagi dalam 4 kali pertemuan dan masing-masing siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil angket motivasi siklus I kepada 28 siswa diperoleh 21 siswa (75%) sangat termotivasi. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil 25 (89%) sangat termotivasi. Dari hasil postest siklus I dengan nilai KKM 74, yang tuntas sebanyak 57,1 % (16) siswa dan belum tuntas 12 siswa atau 42,9 %. Sedangkan hasil dari postest siklus II ada peningkatan, bahwa siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 24 siswa (85,7%), dan belum tuntas 4 siswa (14,3%). Berdasarkan data siklus I dan siklus II sangat signifikan adanya kepuasan siswa terhadap pembelajaran kooperatiftipe TGT.

References

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Darsono, M., Sugandhi, A., Martensi, R. K. Sutadi, S., & Nugroho. (2000). Belajar dan
pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.
Hamalik, O. (2012). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Kirkpatrick, D.L. (1998). Evaluating training programs, the four level (2nd ed). San
Francisco: McGraw-Hill Education
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT. Retika
Aditama
Lie, A. (2010). Cooperative learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia Kompas
Gramedia Building.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang disempurnakan pengembangan standar kompetensi dan
kompetensi dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2013). Pengaruh penggunaan metode teams
games tournaments berbantuan media teka-teki silang dan ular tangga dengan motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada materi koloid kelas XI SMA Negeri 1 Simo tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 190-197.
Ridwan, A., & Sumadi, S. (2017). Upaya meningkatkan motivasi, kreativitas, dan prestasi
belajar IPA dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 44-48. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i1.3219
Published
2024-11-11
Section
Articles