HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 22 JEPPE’E KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

  • Abdul Kadir Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Amin Universitas Negeri Makassar
  • Hardianti Dian Anti Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan lingkungan tempat tinggal dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobability  yaitu total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistic deskriptip menunjukkan bahwa  lingkungan tempat tinggal tergolong sangat baik dengan presentase 82,79% dan motivasi belajar siswa tergolong sangat baik dengan persentase 82,93%. Hasil analisis statistic inferensial menunjukkan ada hubungan  antara lingkungan tempat tinggal dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,889 dan berada pada kategori sangat kuat.Dengan demikian H0 di tolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara lingkungan tempat tinggal dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

References

Burhanuddin. 2020. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Harjanti, A. 2012. Korelasi Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kesuma, D. T., Yuliantini, N., & Supriatna, I. 2021. Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 71 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 172-178.
Manguri, M. 2022. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 2 CL Kabupaten Bandung Barat. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Muis, S. F. 2013. Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Dan Interpretatif Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Al Munzir, 6(2), 272–285.
Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sunarti, T. M. 2021. Pengaruh Sarana Belajar, Lingkungan Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar IPS. Sosialita, 15, 146.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenamedia Group.
Syah, M. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Bab II Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2023-05-11
Section
Articles