IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA

  • Muhammad Rasyid Ridha Universitas Negeri Makassar
  • Juhanis Juhanis Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Nurhasan Ishak Universitas Negeri Makassar
Keywords: budaya, Karakter, Pendidikan

Abstract

Di era pesatnya teknologi baik itu dikalangan Masyarakat maupun dalam lingkungan Pendidikan hal ini menjadi salah satu penyebab mulai memudarnya nilai-nilai budaya di lingkungan sekolah sehingga hal ini lah yang menjadi permasalahan dan peneliti melakukan penelitian pada salah satu sd di kota makassar yaitu UPT SPF SDI PA’BAENG-BAENG dengan judul “Implementasi Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Budaya Dalam Penguatan Karakter Siswa”. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang mana dalam proses pengumpulan datanya tidak menggunakan angka melainkan datanya di peroleh dari studi kasus dan berbentuk kata-kata (kualitatif). Dari penelitian ini menghasilkan penerapan penguatan karakter di UPT SPF SDI PA’ BAENG-BAENG pada pembelajaran PJOK sangat baik sehingga hal ini dapat di jadikan sebagai bahan dalam upaya penguatan karakter di sekolah dasar.

References

Abdurrochim, M. (2016). Pengembangan model permainan bolatangan untuk anak usia sekolah dasar kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 60-73.

Anam, A. M. (2018). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM MALANG) 1Ahmad Muzakkil Anam. Ayu Setiani. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas II SD Negeri 84 Kota Bengkulu. from http://repository.iainbengkulu.ac.id/3592/1/AYUSETIANI.

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

AZHARI, A. (2021). ERAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DALAM MEMBANGUN KARAKTER DI KELAS III MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.

Iryanti, I. (2017). Kajian Tentang Nilai- Nilai Kearifan Lokal Yang Dikembangkan Sanggar Seni Sekar Pandan Untuk Menumbuhkan Nasionalisme. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan dan Hukum, FIS- UNY.

Malini, S., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa Di Era Globalisasi Modern. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1032-1038.

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.

Syafruddin, M. A., Jahrir, A. S., & Yusuf, A. (2022). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 10(2), 73-83.

Yanda, M., Aprilliani, R. F., Febriana, S. A., Nurramdhani, W. F., Mutamimah, W. S., & Nurjaman, A. R. (2024). PENGARUH WESTERNISASI TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA DI KOTA BESAR DALAM PANDANGAN ISLAM. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah, 3(2), 1-15.

Toriyono, M. D., Sibilana, A. R., & Setyawan, B. W. (2022). Urgensi Pendidikan Multikultural Dalam Pengembangan Karakter Di Era Society 5.0 Pada Perguruan Tinggi. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 127-140
Published
2024-07-31
Section
Articles