PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 SINJAI

  • Annasiyah Mukhtar Universitas Negeri Makassar
Keywords: Problem Based Learning, liveworksheet, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan model problem based learning berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sinjai tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 peserta didik. sumber data berasal dari guru dan siswa Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes (angket, observasi, dokumentasi dan wawancara). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I rerata motivasi belajar Kimia siswa kelas X3 di SMA Negeri 1 Sinjai setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis liveworksheet sebesar 104,96 dan berada pada kategori tinggi. Persentase ketuntasan klasikalnya adalah 76%. Pada siklus II rerata motivasi belajar kimia peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis liveworksheet meningkat yakni menjadi 123,65 dan berada pada kategori sangat tinggi. Persentase ketuntasan klasikalnya adalah 96%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis liveworksheet secara efektif mampu meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik.

References

Afifah E. L., Sri H. dan Mustika N. H. 2018 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Mindjet Mindmanager pada Materi Pengemasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Edufortech. Vol 3. No. 2.
Alfajar, Fatria. 2016. Pembuatan Media Mind Mapping Menggunakan Mindjet Mindmanager pada Materi Konsep Mol di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. Vol. 1. No. 4.
Atmadi. 2000. Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Djamarah, dkk. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gafur, A. 2012. Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak Dua
Haling, A. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. s2014. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Erlangga.
Marwiyah. 2018. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.
Permendikbud. 2013. Jurnal Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Radina, A., Ahmad H. dan Yusrizal. 2016. Penerapan Model Mind Mapping Berbasis Media Mindjet Mindmanager Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Analisis Vector untuk Gerak di SMA 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika. Vol. 1. No. 4.
Sardiman, A.M. 2008. Inteaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada
Siregar, P.S. 2019 Implementasi Kurikulum 2013 (Peerteaching dan Microteaching). Yogyakarta: Deepublish.s
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Malang
Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif: Konsep, landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Yektasusi, R. dan Jaslin I. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 2. No. 1.
Published
2023-09-18
Section
Articles