PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS III SDN 6 UJUNG BARU

  • Fathiyah Indah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Media Pembelajaran Tangram, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Tangram untuk meningkatkan hasil belajar belajar matematika siswa di kelas III SD Negeri 6 Ujung Baru. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media tangram dan hasil belajar matematika siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas III UPT SD Negeri 6 Ujung Baru yang berjumlah 13 orang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian yang dicapai pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada  kategori cukup dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Pada siklus I aktivits belajar siswa berada dalam kategori cukup dan pada siklus II aktivtas belajar siswa berada dalam kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran tangram dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 6 Ujung Baru telah berhasil.

References

Amallia, N., Unaenah, E., & Tangerang, U. M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. 3(2), 123–133.
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Berutu, A. (2013). Penerapan Metode Permainan Dengan Berbantuan Tangram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Bangun Datar. 19(1), 9–18.
Handayani, H., & Alamsyah, S. (2018). Penggunaan Media Timbangan dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian di Kelas II Sekolah Dasar. 1(Desember 2017), 61–68.
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Elfan Fanh). Edu Publisher.
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui media tangram. 4(1), 17–24.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
Published
2023-09-18
Section
Articles