MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL BERHITUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA

  • Miftahul Jannah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Media Sempoa, Kemampuan Berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal berhitung melalui penggunaan media sempoa pada siswa kelas 1 SD Inpres Batangkaluku. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Inpres Batangkaluku yang berjumlah 28 Orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan termasuk tes akhir setiap siklus. Data-data mengenai hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian setelah pelaksanaan tindakan selama 2 (dua) siklus yaitu; (a) Meningkatnya hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SD Inpres Batangkaluku setelah diterapkannya penggunaan media sempoa dimana pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 46,42% berada pada kategori rendah. Pada siklus II diperoleh persentase katuntasan hasil belajar siswa sebesar 85,71% pada siklus II berada pada kategori tinggi. (b) Meningkatnya keaktifan dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sempoa dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal berhitung siswa kelas 1 SD Inpres Batangkaluku.

References

Acep, Yoni, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Alwi, Hasan, dkk. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Baid, Nurfitria. 2015. Perbandingan Berhitung Perkalian Menggunakan Metode Sempoa dengan Metode Berhitung Susun. (https://cc.bingj.com/cache.aspx?q=Skripsi+sempoa+nurfitria+baid&d=4896709510891777& mkt=en-ID&setlang=en-US&w=cXABgrCT2m-yxBrrfZzJlVhoUeryRxVq).
Budiningsih, Annayanti dan M. Syamsul Wardani. 2007. Mahir Berhitung dengan Metode Sempoa. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Prasetya, Sukma Perdana. 2015. Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Ombak.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Rosda Karya.
Safriani. 2015. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Sempoa di TK Al Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. (http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path %5B%5D=16).
Samad dan Maryati. 2017. Mata Kuliah Media Pembelajaran. Makassar: .
Smith, Cara. 2010. Mathematics In Early Childhood: an Investigation of Mathematics Skill in Preschool and Kindergarten Students. New York: Alferd.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. 2019. Teori Belajar dan Pmbelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syifa, Faiza Mahali. 2015. Penggunaan Sempoa dalam Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal ilmu pendidikan, (Online), vol. 4, No. 2, (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11386 , diakses 26 Januari 2023).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas
Published
2023-09-18
Section
Articles