MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

  • Nuraeni Lira Universitas Negeri Makassar
Keywords: Hasil belajar IPA, Pembelajaran Berbasis masalah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajr siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 70 manjalling. Penelitian ini dilakukan dalam siklus II dengan melibatkan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, evaluasi dan dokumetasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah sebagai model pembelajaran efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IV SDN 70 Manjalling. Setiap siklus penelitian ini menghasilkan peningkatan yang signifikan. Penelitian ini mengungkapakan bahwa siswa menunjukkan minat yang tinggi dan aktif selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individu dari 25 siswa hanya 15 siswa dengan skor 60% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi , karena nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 64 Pada siklus II dari 25 murid terdapat 21 orang atau 84% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76,40 atau berada dalam kategori tinggi.

References

Amti, Erman, dkk. 1993. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2004. Model pengembangan Silabus Mata pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PKn. Jakarta : Pusat Kurikulum, Balitbang Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen pendidikan dan kebudayaan. 1993, Evaluasi dan Penilaian,Proyek Peningkatan Mutu Guru. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas, Dirjen Manajemen pendidikan Dasar dan menengah, direktorat pembinaan TK dan SD, 2007. Pedoman Penyusunan KTSP SD. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dimyanti dan Moedjiono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Fathurrahman, Pupuh, dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardianti. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Berbasis Masalah pada Murid Kelas VI SD Negeri 301 Kaluku Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Makassar: Unismuh Makassar.
http://bismillah36.wordpress.com/201030/pembelaiaran-berbasis-masalah/
Imelda. 2009. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Murid Kelas V SD Negeri Lumaring Kabupaten Luwu. Skripsi. Makassar: UNM.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT. Refika Aditama.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Poerwadarminta, W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ridwan. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Murid Kelas IV SD Negeri Kalewangan Kabupaten Luwu. Skripsi. Makassar: UNM.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Earn Pembelajaran (Sebagai Refer -ensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas) . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Raja Grafmdo Persada.
Sanjaya, W. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2009. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukerti. 2007. Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Murid Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Skripsi. Makassar: Unismuh Makassar.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarko. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kompetensi Dasar Hakekat Negara Melalui Penerapan Metode Kontekstual Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri Jenawi Semester I. Proposal. Semarang: Unnes Semarang.(http:/Agus purwanto.blogspot.com) diakses tanggal 15 Januari 2012.
Tim Penyusun. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Gita Media Press.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yamin, Martinis. 2008. Paradigma Pendidikan Konsruktivisme. Jakarta: GP
Published
2023-09-23
Section
Articles