PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KABUPATEN WAJO

  • Ayu Nurul Aisyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Keywords: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Abstract

Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa V SD Negeri 145 Doping Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 145 Doping. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, serta refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa melalui observasi, tes hasil belajar dan pengamatan dokumen. Berdasarkan hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I diketahui bahwa hanya sebagian kecil siswa yang dapat mencapai indikator keberhasilan, pada hasil refleksi siklus II diperoleh data bahwa sebagian besar siswa telah mencapai indikator keberhasilan untuk materi yang sama dengan siklus I. Sedangkan hasil refleksi siklus II diperoleh data bahwa siswa yang mencapai indikator keberhasilan mengalami peningkatan dibanding dengan siklus I untuk materi yang berbeda. Kesimpulannya adalah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam kelas V SD Negeri 145 Doping kecamatan Penrang kabupaten Wajo.

References

Hermawan Budi Santoso & Subagyo. (2017). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune UP Motor Bensin Siswa Kelas IX di SMK Insan Cendikia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. 5(1), 1–27.
Ika Maryani, M.Pd dan Laila Fatmawati, M. P. (2018). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.
Jumiati L. (n.d.). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 241 Barugae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. 1–10.
Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1).
Mukhlasin, A., Pemimpin, P. K., Tembang, A., Sunan, L. K., Jaga, K., & Mukhlasin, A. (2019). 41 | Jurnal Warna Vol. 3 , No. 1, Juni 2019. 3(1), 41–49.
Praginda, I. M. A. M. dan W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam ( PPPPTK IPA)
Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linier Berbasis Nilai-nilai Keislaman dengan Pendekatan Saintifik. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 155–163.
Raudhah, J., Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. 06(01), 2338–2163.
Reksiana, R. (2018). Diskursus Terminologi Model, Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran Pai. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 123–149.
Sabiq, A. F. (2018). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Linsser Media (ed.)).
Sahabuddin, E. S., & Muhammad, M. & I. (2005). Meningkatkan Kreativitas Siswa Memahami Konsep Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Kontekstual Di SD. 92–98.
Wahyudi, W., & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning Dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 23.
Published
2023-09-23
Section
Articles