PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • ernawati ernawati ernawati Universitas Negeri Makassar
  • ramlan mahmud Universitas Negeri Makassar
  • andi nurhayati UPTD SD Negeri 229 Paria
Keywords: Index card match, hasil belajar, matematika.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran matematika di UPTD SDN 229 Paria. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III yang berjumlah 13 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori cukup, aktivitas siswa berada pada kategori cukup dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori baik, observasi aktivitas siswa berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa juga berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III UPTD SDN 229 Paria Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo

References

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, S.B. & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Timur: PT Rineka Citra.
Hanafy, M. .. 2014. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Tarboyah Dan Keguruan 17 (1):75–75.
Kustini, W. (2016). “Melalui Metode Studentd Facilitator and Explaining (SFAE) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Kelas IV-B Semester II Tahun Ajaran 2014/2015 Di SD Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek.” Jurnal Pendidikan Professional 5 (2):31–32.
Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengadilan Masyarakat (LP3M).
Rahmawati, S. & Dadi, D. (2020). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Idex Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Komponen Ekosistem.” Jurnal Pendidikan Biologi 7 (1):17–18.
Sutoyo. (2021). Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Unisri Press.
Yuniara, E. 2020. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card March.” Jurnal Pendidikan Tambusasi 4 (1):684–85.
Published
2023-12-11
Section
Articles