Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA

  • Nisma Rianna Universitas Negeri Makassar
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini sebanyak 11 orang yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 2 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran problem based learningĀ  (PBL) dalam proses pembelajaran. KetuntasanĀ  hasil belajar siswa pada siklus 1 terdapat 4 orang siswa dengan persentase ketuntasan 36, %. Pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar dimana terdapat 8 orang siswa dengan persentase ketuntasan 72%.

References

Anastasia Nandhita. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Bandung: Rosdakarya
Arends, R. I. (2008). Belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hills. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).
Maolani, Rukaesih A., Cahyana. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada
Purwanto.2011.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.
Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Ketrampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, 1(2):1-14.
Susanto, Ahmad. 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta.Prenadamedia Group
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Published
2023-09-18
Section
Articles