Peningkatan Keterampilan Servis Bawah pada Permainan Bola Voli Melalui Metode Penjelajahan Gerak

  • Ardian Ardian SD Negeri 61 Kampung Baru
Keywords: Metode Penjelajahan Gerak, Keterampilan, Servis Bawah

Abstract

Penelitian Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan servis bawah pada murid kelas VI SDN 61 Kampung Baru. Subjek penelitian ini adalah murid kelas VI SDN 61 Kampung Baru tahun pelajaran 2023/2024 semester ganjil sebanyak 34 orang murid. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas empat komponen yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah evaluasi belajar murid, observasi dan dokumentasi. Menganalisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kualitatif adalah sebagai berikut : (1) rata-rata hasil belajar murid pada siklus I sebesar 72,94 dan terjadi peningkatan pada siklus II yakni diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 81,76. (2) Ketuntasan hasil belajar murid meningkat sebesar 9 %, pada siklus I hanya 73 % murid tuntas sedangkan pada siklus II jumlah murid yang tuntas sebesar 82 %. (3) Hasil observasi murid diperoleh sebagian besar murid menunjukkan respon positif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode penjelajahan gerak dapat meningkatkan keterampilan servis bawah dalam permainan bola voli pada murid kelas VI SDN 61 Kampung Baru.

References

Ahmadi, 2009. Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Erapustaka.
Arikunto. Suharsini, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta. Beutelstahl, 2009. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pionir Jaya Depdiknas,
2002. Buku IV pedoman tenis meja pedoman voli mini pedoman tenis mini pedoman senam pedoman sepak takraw. Jakarta; Dirjendikdasmen Dirdik TKSD.
Dirjen. Dikdasmen Direktorat Tenaga Pendidikan Suryosubroto, 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Penerbit: Rineka Cipta.
Djumhadi, 2008. Olahraga Bola. Klaten: CV Sahabat.
Dwisarjiyanto, 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Jurnal Bahasa dan Seni Volume 10Nomor 2. 2009
Jurnal IPTEK Olahraga Volume 4, Nomor 3. 2002. Jakarta; Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK Olahraga Dirjen Olahraga Depdiknas
Jurnal Pengembangan Fisik Motorik. Fib. UNY.
Kunandar, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta. Mile, 2010. Bahan Ajar Permainan Bola Voli. Gorontalo : UNG Press.
Mukholid, 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Kelas X.Bogor: Yudhistira.
Munasifah, 2008. Bermain Bola Voli. Semarang: CV Aneka Ilmu.
Raga PBVSI, 2000. Peraturan Permainan Bola Voli Internasional. Diterjemahkan dandisusun kembali oleh Dewan dan Perwasitan PP. PBVSI, disahkan oleh Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.
Sarono, 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Klaten: PT Macanan Jaya Cemerlang
Sumiati.Dra dan M.Ed. Asra, 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Suryosubroto, 1997. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Sutono, 2010. Olahraga Permainan Bola Besar. Semarang: PT Bengawan Ilmu. Sutrisno, 2009. Pemain Voli Yang Berpestasi. Jakarta Barat: PT Musi Perkasa Utama.
Published
2023-09-30
Section
Articles