PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA MATA PELAJARAN PJOK

  • Muhammad Ridzky Aryandi Universitas Negeri Makassar
  • Arifuddin Usman Universitas Negeri Makassar
  • Juhanis Juhanis Universitas Negeri Makassar
Keywords: Motivasi belajar, PJOK, Teaching at The Right Level

Abstract

Penelitian ini dilandaskan oleh rendahnya tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data atau informasi dan membahas tentang peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK dengan menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur atau tahapan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas III UPT SPF SDI Pa’baeng-baeng dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan untuk dua siklus dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan persentase dan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan peningkatan hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari lembar observasi yang dilakukan setelah siklus I dan II. Pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta pembelajaran yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuan peserta didik.

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Surata, I. K. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERINTEGRASI KONSEP UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Widyadari, 25(1), 157-172.
Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.
Asmajaya, D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui permainan Dalam Pembelajaran PJOK Di Kelas VIII SMP N 3 Percut Sei Tuan. Jurnal Olympia, 3, 16-22.
Asrul. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Permainan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dan Kesehatan Di Kelas Ix Smpn 3 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(5), 1221–1237.
Khairuddin, K. (2017). Olahraga dalam Pandangan Islam. Jurnal Olahraga Indragiri, 1(2), 1-14.
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99.
Permatasari, R. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Guna Dharma Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Peto, J. (2022). Melalui Model Teaching At Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris KD. 3.4/4.4 Materi Narrative Text di Kelas X. IPK. 3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419-12433.
Putera, P. H., & Ridwan, M. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dengan Pendekatan Bermain Pada Mata Pelajaran PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 133-139.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf. In Bandung Alf (p. 143).
Published
2024-07-31
Section
Articles