Pengaruh Model Latihan Terhadap Peningkatan Sepak Sila Pada Pemain Takraw SMAN 13 Maros

  • Muslim Nur Universitas Negeri Makassar
Keywords: Model Latihan, Sepak Sila, Statistik Inferensial

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang membandingkan perlakuan pada subjek penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sepak sila melalui model latihan pada siswa SMAN 13 Maros. Variabel bebas yang dimanipulasi dalam penelitian ini adalah metode latihan teknik sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan sepaksila siswa SMAN 13 Maros. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sepak takraw SMAN 13 Maros yang berjumlah 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest dengan menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data data yaitu dengan analisis menggunakan teknik statistik inferensial dengan uji deskriptif, uji prasyaratan dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode latihan terhadap peningkatan sepaksila pada pemain takraw SMAN 13 Maros.

References

Ahmad Jamalong, N. S. (2003). Panduan Permainan Sepaktakraw Pemula (Usia Dini). Jakarta: Kharisma Putra Utama
Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relatif. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, 6(2).
Afif, M. D. (2021, Mei Kamis). Sepak Takraw: Sejarah, Sarana, Aturan, dan Teknik. Retrieved from Sepak Takraw: Sejarah, Sarana, Aturan, dan Teknik: Https://Dosenpintar.Com/Sepak- Takraw.
Ahmad Jamalong, N. S. (2003). Panduan Permainan Sepak takraw Pemula (Usia Dini). Jakarta: Kharisma Putra Utama . dalam jurnal Rizki, M. R. R., Gani, A., &
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Furqon H, M, Muchsin Doewes. 2002. Pliometrik : Untuk Meningkatkan Power. Program Pasca Sarjana : Surakarta.
Heriansyah, S. P., & Suhartiwi, S. P. (2021). PERMAINAN SEPAK TAKRAW SEJARAH, DASAR, PERATURAN PERTANDINGAN DAN PERWASITAN. Jakad Media Publishing.
Hanif. A.S. (2015). Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Iyakrus. (2012) Permainan Sepak Takraw. Palembang : Unsri Press
Irianto J.P. (2002). Pedoman Praktis Berolahraga Untuk Kebugaran Dan Kesehatan Yokyakarta. Andi Offset
Rizki, M. R. R., Gani, A., & Setiawan, I. (2021). MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA SMPN 232 JAKARTA TIMUR. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA), 4(01), 9-17.
Rusli Lutan dkk. (2000). Dasar Dasar Kepelatihan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Setiawan, A. (2015). Hubungan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2015.
Suprayitno, S. HASIL BELAJAR SEPAK SILA PERMAINAN SEPAK TAKRAW (Studi Ekperimen tentang Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Motorik pada Mahasiswa PJKR FIK Unimed). JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 17(1), 58-68.
Sulaiman. (2014). Pedoman bagi guru olahraga Pembina, pelatih, dan atlet sepak takraw. UNNES PRES.
Saputro, D. B., & Supriyadi, S. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Sepak Sila Sepak Takraw Untuk Tingkat Pemula. Indonesia Performance Journal, 1(2), 112-118.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Reseach and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukadiyanto. (2005). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung : Lubuk Agung.
Sukadiyanto. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung : Lubuk Agung
Published
2024-07-31
Section
Articles