Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Model Student Team Achiavement Division Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Upt SDN 40 Lewaja

  • Sri Indira Wiwianti Gunu Universitas Negeri Makassar
Keywords: Hasil belajar, Student Team Achiavement Division, Model Pembelajaran

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 40 Lewaja Kabupaten Enrekang yang belum mencapai standar ketuntasan minimum yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achiavement Division. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penilitian tidankan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam mengetahui tingkat presentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. 

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Hamndani, H. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Fatimah, Siti, dkk. 2007. “Keterampilan-Keterampilan Mengajar” dalam Materi Diklat Profesi Guru. Palembang: Rayon IV Universitas Sriwijaya (Tidak Diterbitkan)
Ngongo, & Gafur. (2017). Hubungan keterlibatan dalam organisasi badan (BEM) dengan keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis mahasiswa. 4.
Salman, S. (2008). Manajemen Personalia (Sumber Daya Manusia). Ghalia Indonesia.
Sohimin, A. (2016). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Published
2023-09-18
Section
Articles