Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD Center Malakaji

  • Nur Rahmi Aguslina Universiras Negeri Makassar
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik Sd

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang aktif dan antusiasnya peserta didik pada proses pembelajaran dan model mengajar yang digunakan guru masih konvensional sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada peserta didik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SD Center Malakaji Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SD Center Malakaji Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III SD Center Malakaji Kabupaten Gowa sebanyak 20 orang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar di setiap akhir siklus. Data hasil observasi akan dianalisis secara kualitatif sedangkan data hasil belajar peserta didik akan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 20 peserta didik hanya 9 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori cukup baik secara klasikal belum terpenuhi. Sedangkan pada siklus II dimana dari 20 peserta didik terdapat 16 peserta didik yang telah memenuhi KKM dan berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memperbaiki proses mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik kelas III SD Center Malakaji Kabupaten Gowa.

References

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Desyandri, D., dan Vernanda. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. In Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4 (pp 163-174). Ambon.
Desyandri. 2018. Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 2(7). 1-9.
Fauzia, H. A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 7(1). 40-47.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Press.
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmasari, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajat IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 36 Tahun Ke-5 2016. UNY.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Guru. Bandung: Alfabeta
Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2023-09-13
Section
Articles