UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

  • Andi Nurfauziah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Penelitian tindakan kelas, discovery learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning pada materi stoikiometri. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Negeri 13 Makassar 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi model Discovery Learning dan tes kognitif. Pencapaian ketuntasan belajar kognitif peserta didik dengan model Discovery Learning  mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 72% dan pada siklus II menjadi 84% yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik dengan model Discovery Learning kelas X MIPA 3 SMA Negeri 13 Makassar materi pokok stoikiometri, dapat di terima.

References

Dwi, F. K. & Rahayu. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siwa Kelas 4 SD. Scholaria, 6(2), 130-139.
Fahrurrozi dan Syukrul Hamdi. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. NTB: Universitas Hamzanwadi Press.
Fathurrohman, Rudy. 2011. Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakering dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Invotec. Vol. VII. No. 2.
Prasetyana, S. D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Discovery Learning (GDL) Pada Matakuliah Pengetahuan Laboratorium di IKIP Budi Utomo Malang. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan. Vol. 2. No. 1.
Susana, Afria. 2019. Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung: Tata Akbar.
Wabula, Mira., Pamella Mercy Papilaya, dan Dominggus Rumahlatu. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, dan Terapan. Vol. 5. No. 0.
Published
2023-09-18
Section
Articles