Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkemabangan Teknologi Komunukasi

  • Naila Azzahra Universitas Negeri Makassar
Keywords: Model Pembelajaran, Make a Match, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas III UPT SDN 1 Barru. Pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III UPT SDN 1 Barru yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B), aktifitas siswa berada pada kualifikasi baik (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran mengalami peningkatan dengan kualifikasi baik (B), aktifitas siswa berada pada kualifikasi (B) dan hasil tes belajar juga meningkat menjadi kualifikasi baik (B). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses belajar dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajara Make a Match pada siswa kelas III.

References

Budiyanto, A. K. 2016. SINTAKS 45 Model Pembelajaran dalam Student Contered Learning (SCL). Malang: Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia.
Hakim, A. Israwaty, I. & Rustam, D. H. 2021. Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Tema 2 tentang Kewajiban , Hak dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Publikasi Pendidikan, 10, 1-6.
Hamzah A. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Batu: Literasi Nusantara.
Rahman, T. 2018. Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Sri, L. Ma’ruf, M. H. & Tho’in, M. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika. Vol. 1(01): 1-8.
Sultan, M. A., Nurjannah, & Paurru, T. P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Publikasi Pendidikan, 10.
Syam, N., & Lansart, N. (2021). Pen- erapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Interaksi Manusia Di Kelas V Sd Negeri 290 Inpres Kasisi Kabupaten Tana Tora- ja.Jurnal Publikasi Pendidi- kan.Vol 2 (2).
Zaini, H. 2015. Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(Ktsp). El-Idare: Journal of Islamic Education Management, Vol. 1(01): 15-31.
Published
2023-09-18
Section
Articles